Rabu, 02 November 2016

Inovasi yang dapat kita rasakan di bidang IT

Inovasi yang dapat kita rasakan di bidang IT

Inovasi sendiri merupakan suatu pengembangan dari produk lama menjadi baru atau merupakan proses penciptaan suatu hal yang baru yang memberikan nilai atau manfaat yang lebih bagi kehidupan manusia.
Salah satu inovasi yang secara signifikan dalam bidang software adalah Sistem Operasi yang biasa terdapat pada perangkat komputer maupun smartphone untuk mempermudah manusia dalam menyelesaikan tugas. Contohnya saja adalah Android dan Windows. Berikut versi sistem operasi yang terpopuler pada saat ini :

1.       Android Marshmallow

OS terbaru besutan Google ini sudah dapat dirasakan pada bulan Agustus 2015 terutama pada gadget Nexus. Bagi smartphone yang sudah mendapat update ini akan merasakan penambahan performa yang cukup cepat, belum lagi terdapat fitur-fitur baru seperti screenshot tanpa harus menekan tombol dengan cara mengusap layar, modus “doze” untuk mengurai daya baterai ketika standby atau mode sleep, dan ada juga Google Now On Tap merupakan penyempurnaan dari Google Now. Salah satu perangkat yang saya suka adalah Samsung Galaxy S7 edge yang dimana sudah terdapat fitur Game Launcher dan Game Tuner yang merupakan software bawaan dari Samsung yang digunakan untuk mengoptimalisasikan performa saat bermain game bahkan mampu merekam atau recording untuk menangkap semua aktivitas yang ada di layar beserta suara dalam game tersebut, belum lagi dalam smartphone ini sudah mendukung Vulkan API yang akan menambah performa gaming namun masih sangatlah sedikit game yang mendukung Vulkan API ini untuk Android. Namun dari sekian smartphone yang beredar masih sangatlah sedikit yang mendapat update dari Android Marshmallow ini yang mungkin dikarenakan banyaknya variasi handphone yang membuat para developer malas atau mengalami kesulitan untuk mengoptimali agar dapat kompatibel di berbagai smartphone. Belum lagi akan dikeluarkannya versi terbaru Android dengan nama Android N atau Nougat yang membuat para pengguna Android yang tidak mendapat update merasa ketinggalan zaman.




2.       Windows 10

OS terbaru besutan Micosoft ini diberikan secara cuma-cuma dengan mengupgrade pada pilihan windows update sebelum bulan Juli 2016 kemarin, fitur yang cukup terkenal pada OS ini adalah Cortana yang memiliki kemampuan untuk mengatur pengingat, mengenali suara secara alami, dan bahkan mampu menjawab pertanyaan, sama hal nya seperti Siri yang dimiliki Apple dan Google Assistant yang dikeluarkan oleh Google. Selain itu OS ini sudah dilengkapi dukungan DirectX12 dan Vulkan API yang mampu menjalakan game-game generasi terbaru dan performa yang dapat meringankan kinerja prosesor maupun VGA. Fitur baru lainnya adalah notifikasi Action Center dimana terdapat notifikasi cepat yang kita butuhkan. Selain itu juga ada mode Dark Theme yang akan membuat tampilan UI dipandang lebih enak dan nyaman bahkan bisa menghemat penggunaan baterai. Dan ternyata Windows 10 ini tidak hanya disediakan untuk pengguna komputer namun pengguna mobile pun juga dapat merasakannya yang terdapat pada Windows Mobile seperti smartphone Lumia.




Saya sendiri sebagai gamers akan selalu memperbaharui software hingga sistem operasi tersebut karena selain meringankan kinerja komponen seperti prosesor dan vga juga akan terhindar dari yang namanya “lagging” dan “stuttering”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar